Minggu, 22 Januari 2012

Pulau Samalona Makassar

WISATA BAHARI


Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam. Di pulau ini berdiri sebuah mercu suar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.
Samalona adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Fort Rotterdam di daerah                    Keling - Makassar. Mandalika hanya berjarak 500 meter dari bibir tebing Benteng Fort Rotterdam.


Pulau Samalona dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada hari libur. Samalona Untuk sampai ke pulau ini, wisatawan dapat menyewa perahu nelayan dengan biaya Rp 100.000-300.000 per kapal. Ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke pulau Samalona.Pulau Samalona masuk dalam Kabupaten Ujungpandang, Makassar. Pulau ini memiliki luas 2,3 hektar 


pasir putih dengan udara sejuk karena pepohonan hijau nan rindang masih cukup terjaga.

Air laut bersih yang membuat pengunjung berlama-lama bersedia untuk berenang atau menyelam di bawah air untuk menyaksikan keindahan pulau Samalona. air terlalu dangkal, sehingga aman untuk anak-anak yang ingin berenang.


 turis sangat menikmati keindahan bawah laut Pulau Samalona, Tidak hanya itu. Menurut paraturis, keindahan alam di sekitar pulau ini juga menarik hati untuk menjaga keindahannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar